Forgiveness

letting go of the past

I was struggling with my heart to forgive someone that ever hurt me. In fact, I really really meant to forgive but my heart just can't.

Tuhan bener-bener mau kalo aku maafin orang itu, dan aku bilang ke Tuhan "Aku mau Tuhan. Aku uda maafin dia." Tapi tiap kali ketemu lagi orangnya, aku bener-bener ga bisa. Bahkan buat liat mukanya or matanya, ga bisa! Gimana bisa ngomong. Aku bener-bener ga tau harus gimana. Dan yang aku tahu, dia juga masih blom bisa maafin aku. Mungkin salah satu faktor aku ga bisa maafin karena dia juga blom bisa maafin aku. Tapi aku berusaha ga membenci. Yaa, aku ga benci dia. But I don't know what must I do.

Aku gumuli itu dalam doa, dan Tuhan bilang that I have to put more effort to work it out. Intinya Tuhan nyuruh aku buat buang pride and start first. Susah Tuhan!!! Tapi karena buat Tuhan, I do it. Dan when you start moving, God starts working. :) It worked out!!

Emang susah sih maafin orang yang udah pernah nyakitin kita apalagi sakitnya sampai ke paling dalam nya. Tapi, setelah dipikir-pikir, ga maafin orang itu ga ada untungnya. Sakit? emang sakit. Susah? pasti susah. Tapi hal itu toh udah lalu juga, kalo ga dimaafin, aku mikir kapan ini bakal selesai? toh orang itu juga udah mau damai, kenapa kita ga ngasih kesempatan itu? aku tau kalo aku ga lakuin itu, Tuhan pasti sakit, lihat anak-Nya yang ga bisa kayak Dia. Buat apa kalo tiap kali doa, "I want to be more of You, to be blessing, and to be godly." Buat apa ngaku-ngaku jadi anak Tuhan kalo punya cacat dihati. Bener. Kalo inget masa lalu, udah berapa kali aku ga baik sama orang? dan pastinya itu nyakitin hati Tuhan. Tapi sampai sekarang, ga peduli berapa kali aku jahat, Tuhan tetep aja maafin aku ketika aku bener-bener minta maaf sama Tuhan. Sekarang, ada alasan apa buat ga maafin orang lain? aku cuma manusia yang kecil ga ada apa-apanya dibanding Dia, kenapa aku ga bisa buang pride buat maafin orang itu?

Yah, bisa dibilang memaafkan itu ga langsung juga, ga sekedar ngomong "iya udah aku maafin", tapi itu lebih ke aplikasi, ada prosesnya, butuh waktu. Walaupun aku bener-bener masih agak takut ngomong ama dia, masih ga brani natap matanya, ngomong pun masih yang seperlunya aja, takut jadi saling nyakitin, but I really effort it. Aku takut, aku trauma, sakit yang bener-bener sakit, tapi aku percaya that Jesus is with me.

"Surrendered people obey God's word, even if it doesn't make sense." - Rick Warren

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

No comments: